Peringatan HUT Ke-55 SMP Negeri 1 Semanu

SMP Negeri 1 Semanu genap berusia 55 tahun pada 2023 saat ini. Merupakan sekolah yang sudah cukup dewasa, SMP Negeri 1 Semanu banyak menorehkan beberapa prestasi baik akademik maupun non-akademik. Sebagai sekolah tua, SMP ini telah mencetak kader bangsa dalam mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan adanya kerjasama sekolah dengan para alumni.

Pada tanggal 6, 7, dan 8 Januari 2023, SMP Negeri 1 Semanu memperingati Hari Ulang Tahun Sekolah yang ke – 55 tahun. Kegiatan dilaksanakan oleh Panitia Pelaksana (Panpel) OSIS SMP Negeri 1 Semanu dengan bimbingan guru. Peringatan dilaksanakan dengan meriah dan melibatkan seluruh Civitas Akademika, baik siswa, guru, staf Tata Usaha, dan juga alumni. Kegiatan diawali dengan bakti sosial berupa penanaman pohon penghijauan di beberapa titik, antara lain telaga Jonge, sungai Kalisuci, dan juga Jlamprong. Kegiatan sosial ini dilaksanakan hari pertama, Jumat, 6 Januari 2023.

Hari kedua, Sabtu, 7 Januari 2023 mengadakan Jalan Sehat dan bazar sekolah yang dilaksanakan oleh seluruh siswa yang dikoordinasi oleh wali kelas. Jalan sehat diiukuti oleh seluruh siswa, guru dan Tata Usaha. Bazar merupakan salah satu kegiatan siswa dengan tujuan melatih siswa dalam Pembelajaran Wira Usaha. Para siswa melakukan pembelajaran berdagang di lingkungan sekolah dengan menjual berbagai produk makanan yang dibuatĀ  dan dijual sendiri oleh siswa. Adapun pembeli berasal dari siswa, guru, dan juga staf Tata Usaha.

Hari ketiga yang merupakan puncak acara, diadakan Gebyar HUT ke – 55 dengan mengundang tamu dari beberapa kalangan, antara lain Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul, Pengawas Pembina, Polsek, Koramil, Kepala Desa Semanu, Lurah, RT/RW, warga masyarakat Magersari, Komite Sekolah, dan tidak ketinggalan para alumni SMP Negeri 1 Semanu dari beberapa angkatan. Kegiatan dibuka dengan sambutan Kepala Sekolah, Sambutan Dinnas Pendidikan yang diwakili oleh Bapak Tijan.

Dalam puncak peringatan dilaksanakan Parade Tumpeng Ulang Tahun, yang disiapkan oleh seluruh kelas dengan koordinator Wali Kelas masing-masing. Setelah Parade Tumpeng dilanjutkan dengan pentas seni dan kreatifitas siswa antara lain Musikalisasi Puisi, Tarian, dan juga Pentas Musik baik karaoke maupun kesenian lainnya.

Berikut adalah koleksi foto dan video dalam Semarak Hari Ulang Tahun Sekolah yang ke-55.