Rabu dan Kamis tanggal 6 dan 7 September 2023, SMP Negeri 1 Semanu menyelenggarakan kegiatan pemeriksaan kesehatan, bekerja sama dengan Puskesmas Semanu 1. Sasaran pemeriksaan ditujukan kepada  seluruh siswa kelas 7, 8 , dan 9.

Adapun pemeriksaan bertujuan untuk memeriksa kondisi kesehatan seluruh siswa secara masal. Diharapkan dengan pemeriksaan ini, dapat diketahui permaslaahan kesehatan siswa, sehingga ketika terjadi sesuatu dapat memberikan pertolongan secara dini. Selain itu, juga ada tindak lanjut dari puskesmas untuk memberikan penanganan jesehatan secara gratis, berupa pemberian obat tertentu sesuai dengan keluhan atau kondisi siswa yabg mengalami gangguan kesehatan.

Pemeriksaan dilakukan oleh tenaga kesehatan dari puskesmas Semanu 1 dibantu para guru dan karyawan Tata Usaha. Pemeriksaan dilajsanakan secara bergilir mulai tanggal 6 September kepada siswa kelas 7 A, B, C, D, E, F dan kelas 9 A, B, C. Sedangkan oada hari ke dua, tanggal 7 Seotember 2023 sararan pada suswa kelaa 8 A, B, C, D, E, F dan kelas 9 D, E, F