Rehap Gedung SMP Negeri 1 Semanu

Senin, 24 Juli 2023 adalah minggu ke-3 pembelajaran semester ganjil 2023. SMP Negeri 1 Semanu melaksanakan proses pembelajaran secara blendid learning. Pasalnya, susdah beberapa hari gedung SMP Negeri 1 Semanu direhap atau diperbaiki. Rehap gedung ini merupakan anugrah sekaligus prihatin. Anugrah yang didapatkan sekolah karena tidak semua sekolah di kabupaten Gunungkidul mendapatkan kesempatan tersebut. Namun, rehab gedung juga memaksakan siswa belajar secara genjotan, seminggu belajar di kelas, seminggu berikutnya belajar dari rumah.

Rehap gedung SMP Negeri 1 Semanu memakan biaya sebesar 2,7 milyar rupiah, berasal dari dana bantuan pemerintah kabupaten Gunungkidul. Sekolah menerima dana dalam bentuk rehap pembangunan 10 ruang kelas dan 1 ruang UKS. Adapun pembangunan dilaksanakan oleh pemborong yang memenangkan tender melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul.

Berkaitan dengan proses pembangunan gedung tersebut, sekolah menyeenggarakan proses pembelajaran secara bergilir. Ruangan yang representatif untuk pembelajaran hanya 7 ruang. Sementara jumlah kelas paralel adalah 6 kelas kali 3 rombel, sehingga membutuhkan 18 ruang. Pembelajaran di kelas hanya dilaksanakan kelas tertentu, misal minggu ini kelas 9 sejumlah 6 kelas. Sedangkan 12 kelas lainnya belajar dari rumah. Bapak Ibu guru menyampaikan materi pelajaran secara blended learning, yaitu campuran antara pembelajaran luring dan daring. Selama semunggu siswa mendapatkan materi melalui luring di kelas, selanjutnya di rumah anak melajutkan ateri pembelajaran dibimbing guru secara online. Ada beberapa guru yang menggunakan LKS, ada juga yang menyampaikan tugas secara daring melalui WAG, Classroom, atau email. Hal ini tetntu saja menuntuk guru dan siswa untuk dspat menyesuaikan dengan keadaan.