Kegiatan sharing knowledge “How to be an inspired-teacher” di  SMP N 1 Semanu

Pada hari Rabu, tanggal 29 September 2021, Ibu Utami Dwi Ratna Asih, S.Pd, mengadakan kegiatan sharing knowledge secara langsung di ruang pertemuan SMP Negeri 1 Semanu.Ibu Utami Dwi Ratna Asih, S.Pd., merupakan salah satu guru IPS di SMP Negeri 1 Semanu, yang kebetulan sejak bulan November 2020 kemarin, mengikuti pelatihan Blended Learning yang diselenggarakan oleh BCA. Pelatihan Blended Learning ditujukan kepada sekolah-sekolah binaan BCA, salah satunya adalah SMP Negeri 1 Semanu. Kegiatan sharing knowledge ini diikuti oleh sebagian besar Bapak/Ibu guru di SMP Negeri 1 Semanu. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menstransfer ilmu pengetahuan yang sudah didapatkan oleh Ibu Utami Dwi Ratna Asih, S.Pd. kepada sesama rekan guru di SMP Negeri 1 Semanu.

Materi yang disampaikan berjudul “How to be an inspired-teacher”yang berisi tentang kondisi dunia saat ini, peran strategis guru dan cara-cara agar bisa menjadi guru yang menginspirasi. Salah satu cara yang harus ditempuh oleh guru adalah merubah mindset dari fixed mindset menjadi growth mindset. Ibu Utami Dwi Ratna Asih, S.Pd. menjelaskan bahwa hal pertama yang harus dilakukan oleh seorang guru untuk bisa menginspirasi adalah merubah pola pikir yang tetap menjadi pola pikir yang selalu tumbuh. Hal ini sangat diperlukan untuk menghadapi situasi masa sekarang yang tidak stabil. Guru yang menginspirasi harus bisa beradaptasi dengan segala perubahan, karena guru adalah agen perubahan. Oleh Karena itu diharapkan guru memiliki pola pikir yang selalu berkembang, kemudian bisa menyadari dan memahami peran strategis dirinya sebagai agen perubahan, serta harus memiliki karakter yang positif seperti pantang menyerah dan selalu ulet menghadapi tantangan demi tantangan di masa depan. Guru harus berintegritas, harus bisa mengembangkan 2 K, yaitu kompetensi dan komitmen. Seorang guru harus ahli di bidangnya dan harus bisa menunjukkan komitmennya sebagai seorang guru. Komitmen perlu dikembangkan agar guru benar-benar bisa menjadi sosok teladan dan kredibel bagi peserta didik dan masyarakat.

Kegiatan “sharing knowledge” ini merupakan salah satu dari serangkaian kegiatan Smart Teacher Development Program yang diadakan oleh BCA bekerja sama dengan EXIMIUS. Program yang sekarang ini berupa pelatihan softskills bagi guru-guru di sekolah binaan yang masuk dalam program CSR (Corporate Social Responsibility) BCA yang diselenggarakan secara online. Peserta Smart Teacher Development Program ini berjumlah 30 orang guru SMP yang merupakan hasil saringan dari pelatihan Blended Learning ditambah dengan 20 guru dari SD dan SMA binaan BCA. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan wawasan dan kompetensi guru di sekolah-sekolah binaan BCA.

Kegiatan Smart Teacher Development Program ini selain berupa pelatihan softskills bagi guru sekolah binaan BCA juga merupakan ajang lomba untuk memperebutkan hadiah dari BCA sekaligus penobatan sebagai smart teacher. Adapun pemenang akan diambil 3 orang guru setiap kategori. Bagi pemenang disediakan hadiah berupa tabungan dari BCA dan laptop, serta pemberian sarana dan prasarana bagi sekolah pemenangnya. Demikian sekilas tentang kegiatan sharing knowledge how to be an inspired-teacher di SMP N 1 Semanu. Semoga bermanfaat.